Langsung ke konten utama

Nomophobia......jangan-jangan anda sudah terinfeksi.....

Nomophobia..... dari namanya juga bisa kita duga kalau itu sejenis penyakit yang berhubungan dengan rasa takut. Tapi takut terhadap apa?
 

 
Dijelaskan dalam Wikipedia bahwa Nomophobia adalah ketakutan yang disebabkan karena ponsel (handphone). Nomophobia singkatan dari "No Mobile Phone-Phobia". Yang artinya , "ketakutan/ kekhawatiran karena tidak adanya handphone". 
Dalam sebuah riset oleh Kantor Pos Inggris yang menugaskan YouGov, sebuah organisasi riset yang berbasis di Inggris untuk melihat kecemasan yang diderita oleh pengguna ponsel. Studi ini menemukan bahwa hampir 53% pengguna ponsel di Inggris cenderung cemas ketika mereka "kehilangan ponsel mereka, kehabisan baterai atau kredit, atau tidak memiliki jangkauan jaringan". Studi ini menemukan bahwa sekitar 58% pria dan 48% wanita menderita fobia, dan tambahan 9% merasa stres ketika ponsel mereka tidak aktif. Penelitian sampel 2.163 orang. Lima puluh lima persen dari mereka yang disurvei dikutip tetap berhubungan dengan teman-teman atau keluarga sebagai alasan utama bahwa mereka mendapat cemas ketika mereka tidak bisa menggunakan ponsel mereka.

Penggunaan terhadap ponsel atau hp memang makin marak, setiap orang bisa dikatakan memiliki nya. Selain sebagai alat komunikasi, ponsel juga yang memiliki fungsi yang kompleks seperti berinternet, photo, bahkan sebagai penunjang penampilan seseorang. Namun dengan semakin berkembangnya penggunaan ponsel muncul pula penyakit yang disebut dengan nomophobia.
Nomophobia biasa menjangkiti para pengguna ponsel yang pada umumnya diderita oleh remaja dan orang-orang dewasa.

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, pera pengguna ponsel menjadi semakin tergantung dengan ponselnya dan menjadi stress atau panik atau cemas atau gelisah jika ia berada jauh-jauh dari ponselnya, kehilangan sinyal, dan tidak memiliki pulsa. 
Kita lihat juga sekarang ini, pertumbuhan luar biasa dalam pengembangan aplikasi mobile. Perusahaan Apple baru-baru mengeluarkan 40 miliar aplikasi Download mark, dan penggunaan aplikasi mobile terus meningkat. Tidak berbeda boom website, orang mengharapkan perusahaan untuk memberikan pengalaman aplikasi mobile.
Bagaimana dengan kecanduan kita untuk aplikasi tersebut? Mashable baru saja merilis survei Apigee menemukan 85% pengguna smartphone di Spanyol lebih suka menunda kebutuhan air daripada aplikasi mobile. 36% dari mereka di Amerika Serikat berpikir itu akan lebih mudah mengesampingkan kopi daripada menghapus semua aplikasi di ponsel mereka selamanya.
Hal inilah  dampak buruk bagi si pengguna ponsel tersebut yang tidak mereka sadari, selain sering merasa takut atau gelisah hal ini juga dapat membuyarkan konsentrasi seseorang karena yang ia pikirkan hanyalah ponsel yang dimilikinya, dan berbagai akibat lain yang ditimbulkan tergantung dari parah atau tidaknya nomophobia yang diderita. 
Lalu, bagaimana mengatasinya....
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi nomophobia, salah satunya adalah dengan membatasi penggunaan ponsel anda. Gunakan ponsel anda sesuai dengan keperluan anda dan untuk kasus yang parah dapat dilakukan terapi bagi si penderita agar ia tidak hanya membuang-buang waktunya dengan ponselnya. 

Ingat ponsel hanyalah alat yang dapat membantu kehidupan kita menjadi semakin mudah dan cepat namun jangan sampai anda melupakan hal-hal lain dan hanya terpaku pada ponsel anda.
Dalam detiknet dijelaskan bahwa apakah ada obat untuk mengatasi nomophobia? Berdasarkan situs allaboutcounseling.com, nomophobia bisa diobati dengan cara terapi menggunakan ponsel seperlunya secara terus menerus.
Jadi bagaimana menurut anda? manakah yang lebih penting..meninggalkan handphone anda atau meninggalkan sahabat dan keluarga anda? 

(dari berbagai sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI PAT SEJARAH PEMNATAN KELAS XI.IPS TAHUN 2019

1.        Kolonialisme dan pengaruh negatifnya dalam bidang ekonomi 2.        Semboyan/ motovasi penjelajahan samudra/ kolonialisme 3.        Hak octroi VOC 4.        Bangsa bangsa awal yang dating di nusantara dan rutenya 5.        Kolonilisme dan pengaruhnya dalam bidang politik 6.        Perang padri, sebab dan berakhirnya 7.        Ciri perjuangan sebelum dan sesudah 1908 8.        Perlawanan rakyat Maluku, tokoh dan sebab-sebabnya 9.        Perlawanan rakyat banten, tokoh dan berakhirnya 10.    Pengertian kolonialisme dan imperialism 11.    Factor pendorong kedatangan bangsa barat 12.    Ciri-ciri imperialism kuno 13.    Nasionalisme, pengertian dan asal usul teorinya 14.    Factor eksternal dan internal munculnya nasionalisme 15.    Ciri perjuangan sebelum dan sesudah 1908 16.    Ciri masa radikal dan jenis organisasinya 17.    Pengertian taktik/ strategi masa pergerakan nasional 18.    Ciri dan sejarah awal Imperialisme kuno

Penjelasan: Bagaimana efek Senam Otak Dapat Membuat Anda Cerdas Secara Siqnifikan

Ketika seseorang memasuki usia pertengahan, kebanyakan mereka sering mulai melihat bahwa memori mereka dan kejernihan mental tidak apa yang mereka rasakan dulu.Kita tiba-tiba tidak dapat mengingat di mana kita meletakkan kunci beberapa saat yang lalu, atau nama kenalan lama, atau nama sebuah band lama kami dulu suka. Tapi ketika otak mulai memudar otak, inilah yang diistilahkan sebagai "momen senior." Secara dak kitasadari hal ini dapat berdampak merugikan pada profesionalitas kita, hubungan sosial , dan kesejahteraan pribadi. Ini terjadi pada sebagian besar dari kita, tetapi apakah itu tak bisa dicegah? Ahli saraf semakin menunjukkan bahwa sebenarnya ada banyak yang bisa dilakukan. Ternyata bahwa otak membutuhkan latihan dalam banyak cara yang sama otot kita lakukan, dan latihan mental yang benar secara signifikan dapat meningkatkan fungsi kognitif dasar kita. Berpikir pada dasarnya adalah proses pembuatan koneksi saraf di otak. Untuk batas tertentu, kemampuan kit

Mau tambahan Income dari Internet? Chitika aja.........

Mungkin beberapa dari anda masih belum tahu dan bertanya-tanya apa sih chitika itu ? Bila itu yang sedang anda pikirkan dan sedang anda pertanyakan, disini saya akan menjelaskan apa chitika itu . Chititka adalah program PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense , Bidvertiser , dan Kumpulblogger , namun chitika memiliki beberapa perbedaan yang sangat di signifikan. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Chitika ini membuatnya sangat cocok untuk publisher pemula yang tidak memiliki traffic yang terlalu tinggi. Cukup dengan 10.000 impression/bulan program ini sudah bisa dijalankan. Di Chitika nilai perkliknya untuk kategori bisnis online rata-rata atau minimal $0.14 , ini terlihat dari report untuk blog saya, walaupun tidak jarang juga mendapatkan $0.28 . Untuk Adsense ada yang $0.01 , tetapi ada juga yang sampai (katanya) puluhan bahkan ratusan Dollar. Nah buat anda yang sudah mengerti dan ingin segera mendaftar di chitika, silahkan baca panduannya terlebih dahulu source: sini