Langsung ke konten utama

Manfaat dahsyat air putih untuk kesehatan kita

 Banyak orang tahu, bahwa kesehatan mahal harganya. Karena itu, menjaga kesehatan adalah hal wajib yang jadi kebutuhan siapa saja. Berolahraga secara teratur, istirahat cukup, makan makanan bergizi adalah sekian banyak aktivitas yang kita harapkan bisa menjadi solusi hidup sehat.
Sayang, dari sekian banyak upaya hidup sehat itu, kadang kita sendiri acap kali malas melakukannya. Alasan kesibukan sering jadi faktor utama yang sering dijadikan kambing hitam, apalagi di kota-kota besar. Kemajuan teknologi, ada banyak suplemen yang konon bisa jadi solusi instan agar tubuh tetap fit setiap hari. Sayangnya, makin banyak asupan yang terkandung di sebuah suplemen, kadang membuat biaya yang harus kita keluarkan menjadi besar.
Namun sebenarnya ada satu “suplemen” hebat yang bisa kita dapatkan dengan mudah, gampang, dan cepat. Tak hanya menyehatkan, suplemen ini konon multikhasiat. Sangat sederhana! Rajin-rajinlah mengonsumsi air putih. Sebab, tubuh kita 80% terdiri dari cairan. Tak heran, jika asupan berupa air pastilah akan sangat berguna untuk tubuh kita.

 Sudah cukupkah Anda minum air putih hari ini?
Banyak orang yang malas minum air putih dengan alasan rasanya hambar, membosankan dan bagi beberapa orang membuat mual. Padahal, mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih sangat penting bagi kesehatan.

Air membantu meningkatkan metabolisme, yang nantinya akan mempengaruhi cara tubuh Kita menangani produksi energi dan penyimpanan lemak. Selain itu, masih banyak manfaat besar lainnya dari air putih

Berikut beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan:

1. Air bisa meningkatkan kinerja mental
Jika seseorang tidak bisa mengingat suatu barang atau apa yang ingin ia tulis, ada kemungkinan otak mengalami kekeringan.
Sekitar 80 persen jaringan otak terdiri dari air, karenanya jika mengalami dehidrasi bisa mengurangi kinerja memori jangka pendek dan mengganggu konsentrasi. Untuk itu penting menjaga asupan air di otak.
Di otak, air membawa protein dan enzim yang membantunya memberikan nutrisi. Ketika terjadi dehidrasi, maka cairan ini akan menjadi lebih lambat sehingga performa mental secara langsung akan terpengaruh.
2. Air bisa mencegah penyakit kritis
Air diketahui bisa membantu mengurangi jumlah radikal bebas dan racun di dalam tubuh. Meskipun sering membuat orang bolak balik kamar mandi, tapi akan menjaga usus besar dan kandung kemih tetap sehat dan membuatnya terhindar dari penyakit kanker.
Air juga membantu mengurangi jumlah garam berlebih di dalam tubuh, padahal diketahui garam berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi yang bisa berujung serangan jantung atau stroke.
Selain itu, air merupakan konstituen utama dari tulang rawan. Karena ketika air di dalam tubuh berlebih atau mencukupi, maka gesekan di sekitar sendi akan berkurang yang membuat seseorang terhindar dari artritis.
3. Air bisa membantu menurunkan berat badan
Air diketahui bisa menjadi penekan nafsu makan serta mempercepat metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar juga semakin banyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah menelan dua cangkir, akan membantu membakar kalori 30 persen lebih cepat.
4. Air mencegah gigi berlubang
Kerusakan gigi umumnya berasal dari penumpulan asam yang menggerogoti enamel. Asam ini bisa dinetralkan dengan ludah atau air liur dan mengandung mineral khusus yang membantu memperbaiki gigi. Selama tubuh terhidrasi, tubuh akan memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga gigi dan menghindari gigi berlubang.
Seseorang biasanya kehilangan sekitar 2-3 gelas air melalui pernapasan teratur dan satu gelas melalui keringat. Jika ditambah dengan air yang keluar saat di kamar mandi dan latihan fisik, maka diperkirakan tubuh butuh 8 gelas air per hari. Karenanya usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup.
5. Mengerti Jumlah Ideal Air yang Harus Diminum Setiap Hari
Tidak ada ukuran ‘ideal’ atau ukuran tetap jumlah air yang sesuai untuk dikonsumsi semua orang setiap hari. Nyatanya, kebutuhan orang akan air putih tidak selalu sama. Umumnya banyak orang menyarankan untuk minum sedikitnya delapan gelas per hari. Namun itu bisa saja kurang atau bahkan berlebih. Sebagai patokan, 30 ml air per kilogram berat badan akan mencukupi kebutuhan normal orang dewasa sehat. Faktor lain yang mempengaruhi jumlah asupan air adalah iklim, penyakit, usia, rasa haus, aktivitas fisik, dan sebagainya. Misalnya, olahragawan membutuhkan lebih banyak konsumsi air daripada yang bukan atlet.

6. Perawatan Menyeluruh

Air merupakan bagian dari sel tubuh dan harus selalu dijaga kecukupannya. Berbeda dengan rasa haus akan minuman dingin yang berguna mengatur suhu tubuh, meminum air akan membantu kita membuang keluar toksin-toksin dan 'limbah' pada ginjal, menjaga membrane mukosa tetap lembab, membantu pencernaan, melumasi sendi, menjaga kekentalan darah serta melembabkan kulit.

7. Air Dapat Mencegah Penyakit

Air dapat membantu mencegah konstipasi (sembelit) dengan menjadikan tinja lebih lunak sehingga mudah untuk dibuang dari usus. Air juga berguna untuk mencegah infeksi saluran kemih, mencegah terjadinya keriput dengan membuat kulit tetap lembab dan mencegah infeksi. Air juga berguna untuk mencegah alergi dengan menjaga selaput lendir, tenggorokan, hidung dan mata tetap lembab. Asupan air yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan efek buruk yang dihasilkannya.

8. Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Asupan Air Melalui Makanan

Anda bisa mengombinasikan air putih dengan substansi lain untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Misalnya saja sari jeruk nipis segar, jus buah alami, air kelapa, susu tawar dan sup bening. Beberapa jenis buah dan sayuran juga kaya akan kandungan air yang akan membantu Anda meningkatkan hidrasi tubuh, terutama di musim panas yang kering. Beberapa makanan yang bisa merehidrasi tubuh adalah ketimun, melon, semangka, tomat dan seledri.
9. Membantu mengendalikan kalori
Bagi mereka yang pernah mencoba beragam cara diet sehat pasti pernah mendengar kebiasaan minum air putih / terapi air putih sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Air putih dapat dijadikan pengganti minuman berkalori tinggi sehingga membantu program diet.

10. Membantu membangkitkan otot
Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit, akan mengakibatkan kelelahan pada otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang

11. Membuat kulit bercahaya
Salah satu cara menjaga kelembaban kulit adalah dengan mengkonsumsi air putih. Minum cukup air tidak hanya menjaga kelembaban kulit sehingga tidak tampak kering dan kusam, namun juga dapat membantu membuang racun di dalam tubuh sehingga kulit senantiasa terjaga kesehatannya.

12. Memelihara fungsi ginjal
Cairan tubuh merupakan media yang berguna untuk mentransportasi sisa atau limbah untuk keluar dan masuk kedalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan diekresikan dalam bentuk urin.
Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau dan sebaliknya jika kekurangan air maka konsentrasi urin, warna dan bau akan kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila minum sedikit air maka orang akan beresiko mengalami batu ginjal
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI PAT SEJARAH PEMNATAN KELAS XI.IPS TAHUN 2019

1.        Kolonialisme dan pengaruh negatifnya dalam bidang ekonomi 2.        Semboyan/ motovasi penjelajahan samudra/ kolonialisme 3.        Hak octroi VOC 4.        Bangsa bangsa awal yang dating di nusantara dan rutenya 5.        Kolonilisme dan pengaruhnya dalam bidang politik 6.        Perang padri, sebab dan berakhirnya 7.        Ciri perjuangan sebelum dan sesudah 1908 8.        Perlawanan rakyat Maluku, tokoh dan sebab-sebabnya 9.        Perlawanan rakyat banten, tokoh dan berakhirnya 10.    Pengertian kolonialisme dan imperialism 11.    Factor pendorong kedatangan bangsa barat 12.    Ciri-ciri imperialism kuno 13.    Nasionalisme, pengertian dan asal usul teorinya 14.    Factor eksternal dan internal munculnya nasionalisme 15.    Ciri perjuangan sebelum dan sesudah 1908 16.    Ciri masa radikal dan jenis organisasinya 17.    Pengertian taktik/ strategi masa pergerakan nasional 18.    Ciri dan sejarah awal Imperialisme kuno

Penjelasan: Bagaimana efek Senam Otak Dapat Membuat Anda Cerdas Secara Siqnifikan

Ketika seseorang memasuki usia pertengahan, kebanyakan mereka sering mulai melihat bahwa memori mereka dan kejernihan mental tidak apa yang mereka rasakan dulu.Kita tiba-tiba tidak dapat mengingat di mana kita meletakkan kunci beberapa saat yang lalu, atau nama kenalan lama, atau nama sebuah band lama kami dulu suka. Tapi ketika otak mulai memudar otak, inilah yang diistilahkan sebagai "momen senior." Secara dak kitasadari hal ini dapat berdampak merugikan pada profesionalitas kita, hubungan sosial , dan kesejahteraan pribadi. Ini terjadi pada sebagian besar dari kita, tetapi apakah itu tak bisa dicegah? Ahli saraf semakin menunjukkan bahwa sebenarnya ada banyak yang bisa dilakukan. Ternyata bahwa otak membutuhkan latihan dalam banyak cara yang sama otot kita lakukan, dan latihan mental yang benar secara signifikan dapat meningkatkan fungsi kognitif dasar kita. Berpikir pada dasarnya adalah proses pembuatan koneksi saraf di otak. Untuk batas tertentu, kemampuan kit

Mau tambahan Income dari Internet? Chitika aja.........

Mungkin beberapa dari anda masih belum tahu dan bertanya-tanya apa sih chitika itu ? Bila itu yang sedang anda pikirkan dan sedang anda pertanyakan, disini saya akan menjelaskan apa chitika itu . Chititka adalah program PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense , Bidvertiser , dan Kumpulblogger , namun chitika memiliki beberapa perbedaan yang sangat di signifikan. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Chitika ini membuatnya sangat cocok untuk publisher pemula yang tidak memiliki traffic yang terlalu tinggi. Cukup dengan 10.000 impression/bulan program ini sudah bisa dijalankan. Di Chitika nilai perkliknya untuk kategori bisnis online rata-rata atau minimal $0.14 , ini terlihat dari report untuk blog saya, walaupun tidak jarang juga mendapatkan $0.28 . Untuk Adsense ada yang $0.01 , tetapi ada juga yang sampai (katanya) puluhan bahkan ratusan Dollar. Nah buat anda yang sudah mengerti dan ingin segera mendaftar di chitika, silahkan baca panduannya terlebih dahulu source: sini