Langsung ke konten utama

Hakikat Manusia Dan Pendidikan

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Bukti paling kongkrit yaitu manusia memiliki kemampuan intelegesi dan daya nalar sehingga manusia mampu berifikir, berbuat, dan bertindak untuk membuat perubahan dengan maksud pengembangan sebagai manusia yang utuh. Kemampuan seperti itulah yang tidak dimiliki oleh makhluk Tuhan lainnya. Dalam kaitannya dengan perkembangan individu, manusia dapat tumbuh dan berkembang melalui suatu proses alami menuju kedewasaan baik itu bersifat jasmani maupun bersifat rohani. Oleh sebab itu manusia memerlukan Pendidikan  demi mendapatkan perkembangan yang optimal sebagai manusia.


Pada dasarnya ada dua pokok persoalan tentang hakikat manusia. Pertama, telaah tentang manusia atau hakikat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan di muka bumi ini. Kedua, telaah tentang sifat manusia dan karakteristik yang menjadi ciri khususnya serta hubungannya dengan fitrah manusia.
Ragam pemahaman tentang hakikat manusia, sbb:

1. HOMO RELIGIUS: Pandangan tentang sosok manusia dan hakikat manusia sebagai makhluk yang beragam. Manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Esa di muka bumi ini sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain ciptaan-Nya. Melalui kesempurnaannya itulah manusia bisa berfikit, bertindak, berusaha dan bisa manentukan mana yang baik dan benar. Disisi lain manusia meyakini bahwa ia memiliki keterbatasan dan kekurangan. Mereka yakin ada kekuatan lain, yaitu Tuhan sang pencipta alam semesta. Oleh sebab itu, sudah menjadi fitrah manusia, pada hakikatnya manusia adalah makhluk religius yang mempercayai adanya sang maha pencipta yang mengatur seluruh sistem kehidupan dimuka bumi ini.

2. HOMO SAPIENS: Pemahaman hakikat manusia sebagai makhluk yang bijaksana dan dapat berfikir atau sebagai animal rationale. Hakikat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling tinggi dan paling mulia. Hal ini disebabkan oleh manusia karena memiliki akal, pikiran, rasio, daya nalar, cipta dan karsa, sehingga manusia mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia seutuhnya. Manusia sebagai suatu organisme kehidupan dapat tumbuh dan berkembang, namun yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah manusia memiliki daya pikir sehingga ia bisa berbicara, berfikir, berbuat, belajar, dan memiliki cita-cita sebagai dambaan dalam menjalankan kehidupannya yang lebih baik.

3. HOMO FABER: Pemahaman hakikat manusia sebagai makhluk yang berpiranti (perkakas). Manusia dengan akal dan ketrampilan tangannya dapat menciptakan atau menghasilkan sesuatu (sebagai produsen) dan pada pihak lain ia juga menggunakan karya lain (sebagai konsumen) untuk kesejahteraan dan kemakmuran hidupnya. Melalui kemampual dan daya pikir yang dimilikinya, serta ditunjang oleh daya cipta dan karsa, manusia dapat berkiprah lebih luas dalam tatanan organisasi kemasyarakata menuju kehidupan yang lebih baik.

4. HOMO HOMINI SOCIUS: Kendati manusia sebagai makhluk individu, makhluk yang memiliki jati diri, yang memiliki ciri pembeda antara yang satu dengan yang lainnya, namun pada saat yang bersamaan manusia juga sebagai kawan sosial bagi manusia lainnya. Ia senantisa berinteraksi dengan lingkungannya. Ia berhubungan satu sama lain dan membentuk suatu masyarakat tertentu. Walaupun terdapat pendapat yang berlawanan, ada yang menyebut manusia adalah serigala bagi manusia lain (homo homini lupus). Pemahaman yang terakhir inilah yang harus dihindarkan agar tidak terjadi malapetaka dimuka bumi ini. Sejarah telah membuktikan adanya perang saudara ataupun pertikaian antarbangsa, pada akhirnya hanya membuahkan derajat peradapan manusia semakin tercabik-cabik dan terhempaskan.

5. Manusia sebagai makhluk etis dan estetis: Hakikat manusia pada dasarnya adalah sebagai makhluk yang memiliki kesadaran susila (etika) dalam arti ia dapar memahami norma-norma sosial dan mampu berbuat sesuai dengan norma dan kaidah etika yang diyakininya. Sedangkan makna estetis yaitu pemahaman tentang hakikat manusia sebagai makhluk yang memiliki rasa keindahan (sense of beauty) dan rasa estetika (sense of estetics). Sosok manusia yang memiliki cita, rasa, dan dimensi keindahan atau estetika lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAT SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS X

Berikut, contoh soal sejarah kelas 10 Kurikulum 2103 semester ganjil beserta jawabannya. 1. Dalam menjalani hidup saat ini, manusia perlu membuat.... a. jadwal kegiatan sehari-hari b. melakukan yang terbaik c. perencanaan masa depan d. kebaikan di dunia e. anggaran keuangan pribadi Jawaban: c  2. Sejarah sebagai peristiwa juga disebut sejarah.... a. objektif b. subjektif c. berulang d. sebagai kisah e. cerita Jawaban: a 3. Dimensi spasial dalam sejarah disebut dimensi.... a. ruang b. waktu c. peristiwa d. perubahan e. perkembangan Jawaban: a 4.Manusia dalam sejarah diposisikan sebagai.... a. objek sejarah b. subjek sejarah c. makhluk sejarah d. objek dan subjek sejarah e. pencipta sejarah Jawaban: d 5. Dalam sejarah yang dapat terjadi berulang kali adalah.... a. peristiwa b. pola c. waktu d. tempat e. pelaku Jawaban: b 6. Masyarakat Hindu melihat waktu sebagai.... a. akhir b. garis lurus c. siklus tanpa akhir d. awal e. masa hidup Jawaban: c 7. Pembagian waktu dalam sejarah, ya...

LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KLS XI

PETUNJUK UMUM 1.        Tulis nomor dan nama Anda pada lembar jawaban yang disediakan 2.        Periksa dan bacalah soal dengan teliti sebelum Anda bekerja 3.        Kerjakanlah soal anda pada lembar jawaban 4.        Gunakan waktu dengan efektif dan efisien 5.        Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada Pengawas 1.   Menurut teori Waisya, masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia dibawa oleh …. Kaum Brahmana Golongan Ksatria Para Pedagang Kaum Sudra Golongan Paria 2.   Pengertian proses penghinduan di Indonesia adalah …. Bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa Hindu yang berkedudukan di India Proses berkembangnya pengaruh kebudayaan Indonesia terhadap masyarakat Hindu di India Proses berkembangnya pengaruh agama Hindu dan Buddha beserta kebudayaannya ke Indonesia Prose...

12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius Di Dunia

12 Peninggalan Sejarah Paling Misterius Di Dunia   Hal misterius selalu menggugah keingin-tahuan manusia dengan rasa penasarannya (curiosity). Hal itu justru membuat banyak pertanyaan yang lahir untuk dijawab. Namun terkadang ilmuwan lebih terfikir lenih banyak pertanyaan daripada jawaban yang telah ada. Berikut 12 peninggalan sejarah paling misterius berdasarkan pilihan terkini. 1. Monumental Instructions for the Post-Apocalypse / Monumen Petunjuk untuk Hari Kiamat (Amerika Serikat) Di sebuah bukit kecil di timur laut tandus daerah Hartwell, Georgia AS, berdiri monumen paling aneh dan misterius di dunia. Namun melihat dari arsitektur bangunan, monumen itu tidak diciptakan pada zaman kuno. Dikenal sebagai ‘Georgia Guidestones’ , lima struktur batu ini tingginya16 feet, dengan berat 20 ton. Memiliki empat pilar batu granit persegi panjang keatas, yang masing-masing pilar dipahat mengenai instruksi dan petunjuk dari kedelapan “bahasa kebudayaan terbes...